Crepes / Kue Lekker by : @fridajoincoffee

Cara Mudah Membuat Crepes (Kue Lekker)

Posted on

Crepes / Kue Lekker
by : @fridajoincoffee

Jaman SD dulu kalo pulang sekolah dan ada sisa uang jajan, beli crepes di depan bioskop Kusuma Jember .. ngantriiiiiii maaakkkk .. Harganya 200perak, jaman segitu termasuk mihil yaa .. beli selembar aja udah hepi banget. Makan Crepes sambil pulang jalan kaki bareng temen² .. bahagiaaaaaa
Sekarang Mak Frida bikin sendiri dan di belakang Mak Frida anak² pun ngantriiiiiii. Begitu mateng 1 langsung rebutan yg nyomot duluan.. rame bangeeeet!! 🤣 .. ..

Bahan :
120 gr tepung beras
60 gr maizena
30 gr tepung terigu segitiga
1 sachet susu bubuk Dancow (27 gr)
100 gr gula pasir
1 butir telur
½ sdt bubuk vanili
¼ sdt garam
120 ml air
————-
3 buah pisang
Meises coklat
Wajan kwalik d20 cm

Cara Membuat :
1. Campurkan semua bahan, aduk rata dengan whisker. Saring supaya tidak bergerindil.
2. Panaskan wajan kwalik dengan api kecil.
3. Setelah benar² panas, celupkan wajan kwalik ke permukaan adonan sampe bunyi cessssss .. kemudian langsung panggang di atas kompor.
4. Setelah pinggiran crepes kecoklatan dan mengering, beri isian meises dan potongan pisang. Kemudian lipat.
5. Susun di atas cooling rack. Sajikan.
6. Resep untuk 12 crepes.
.
Note :
1. Kalo wajan kwaliknya lengket, gosok² dulu wajan kwaliknya pake biji kemiri sampe rata, trus dilap pake tissue. In syaa’a Allaah ga lengket lagi.
2. Kriuknya awet banget yaa, cuma bagian yg ada isian pisang dan meises biasanya lama kelamaan melempem. Kalo mau awet kriuk lama, ga usah kasih isian. Jadi bisa disimpan di stoples.
3. Wajan kwaliknya aku beli offline di tetangga, merk Galaxy Creper harganya murah cuma 135rb. Harga relatif yaa, udah dapat sepaket wajan dan wadah adonannya. Kepake banget buat bikin kulit dadar dan crepes. Tipisnya rata 👍🏻

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *