PISANG BOLEN Ala : @kuesabine_bytutiputu

Cara Membuat Pisang Bolen ala @kuesabine_bytutiputu

Posted on

PISANG BOLEN
Ala : @kuesabine_bytutiputu

Assalammualaikum bubu.. Kalo bolen pisang aku jatuh cintanya ke yang pake kulit Pastry, Bukan tanpa alasan. Dulu sering praktek buat pake adonan tanpa korsvet tapi gagal terus. Kadang kering dalemnya. Kadang alot kulitnya sekalinya lembut malah ngeprul kaya kue kering. .udah deh..tobat istirahat dulu coba2nya.

Suatu hari ada sisa puff pastri bekas buat Cumcum. Kebetulan ada sisa pisang rebus sisa buat bolu gulung pisang mini kemarennya. Pikir2 cobain ahh bentuk bolen pengin tau kira2 gimana rasanya. Daannn..ternyata ..kulitnya renyah dalamnya lembut. Penampilan juga kaya mirip yang di jual toko oleh2 di Bandung.l!😍😍Akhirnya setiap bikin bela2in capek lipet2 adonan puff dulu. Keterusan deh jadinya. .

(Untuk 40bh)

BAHAN KULIT :
500gr terigu cakra
75 gr margarin
1/2 sdm Baking powder
15 gr full cream bubuk
50 gr Gula tepung
250 ml air dingin
250 gr Korsvet

CARA :
1.Bagi 3 Korsvet. Masing2 lapisi plastik, di pukul melebar biar agak lunak
2.Bantu gilas dengan rolling pin untuk bisa lebih rata dan lebar.
3. Letakkan Korsvet di tengah2.
4.lipat seperti amplop.
5.ujung ketemu ujung
6.Ulangi lagi tahap demi tahap sampai 3x. Setelah proses melipat ke 3 gilas melebar lagi. Belah 4 adonan. Tumpuk tiap tumpukan beri terigu. Tutup plastik cling. Simpan di kulkas. Keluarkan beberapa jam saat akan di pakai.
semoga bisa di mengerti. .

BAHAN Isian dan Toping :
11/2 Kg pisang Raja (bisa pisang nangka atau tanduk)yang matang sempurna,Kukus.potong bagi 3-4potong
Selai coklat(bisa Meses coklat),gula pasir,KejuParut

OLESAN :
1butir telur utuh 1sdm susu cair (Bisa SKM campur air) kocok lepas
.
PENYELESAIAN :
Gilas tipis Puff Pastry .
Potong persegi 10×10cm.
isi dengan selai coklat,1/2st Gulapasir.
Lipat seperti melipat amplop.
Susun berdempetan di Loyang Cookies.
Olesi permukaan Tabur Keju parut dan meses

Panggang dengan suhu 200 darcel.Api bawah 10 menit.Pindah ke api atas 10mt.Sampai permukaan kuning kecoklatan.Angkat.Segera pindah kan dari Loyang selagi hangat.SELESAI! .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *