Cara Membuat Kue Klepon Ketan Gula Merah

Posted on

Klepon..yes,klepon ini adalah jajanan favoritku dari kecil sampe sekarang.Ampir tiap pagi aku maem klepon ini beli di jananan deket rumah,biasa dibungkus mika kecil isinya 4pcs.

Tiba2 lagi kerajinan aja pengen bikin sendiri apalagi keinget mama+adik+anak mbarep suka kleponn,mreka demen sensasi meletusnya gulmer di dalem mulut waktu gigit kleponnya,makanyaa aku pengen bikin sendiri biar bisa puass banyak2in tuh gulmer sejadi2nya..hihihi

dannn uenakkk bangettttt+gurihhhh ………. apalagi airnya aku pake sari pandan aselii.Dalem 1 hari aku maem kurleb 25 biji..*gubrak

Oh ya moms kalo slow respon disini monggo kirim recook ke IG @tintinrayner yaa kissssss*

Klepon Ketan Gula Merah

Tintin Rayner
Ini nih Cara membuat Klepon Ketan Gula Merah Kenyal no Kapur sirih
Prep Time 0 mins
Cook Time 0 mins
0 mins
Course Kue
Cuisine Jajanan Pasar

Ingredients
  

Bola Ketan

  • 250 gr Tepung ketan aku rosebrand
  • 50 gr Tepung beras aku rosebrand
  • Secukupnya Air sampe adonan bisa dipulung bulet2 (aku pake air yang diblender daun pandan biar wangi, kebetulan ada sisa)

Isian

  • Sesuai selera Gula merah disisir sesuai selera aja

Balutan

  • Kelapa parut kira2 aja aku kukus dulu 20 menitan biar ga gampang basi

Instructions
 

Langkah:

  • Uleni bahan bola2 sampe bisa dipulung,jangan terlalu lembek nanti kleponnya gembos Kalo terlalu kering ntik gampang bocor gulmernya
  • Isi bagian tengahnya dengan gulmer sisir,lalu bentuk bola2.sisihkan
  • Rebus air sampe mendidih,masukkan bola2,kalo uda mateng dia mengambang
  • Gulingkan di kelapa parut. merah itu uda rada asin,jadi ga perlu kasi garem lagi ke parutan kelapanya tar tabrakan. enjoyyyyyy
  • Hmmm lezatnya,gurih aroma ketan berpadu dengan manis legitnya gula merahhh,1 bola2 ga bakal ckup…pasti nambah terusss hihhii
  • Puasnya kalo bikin sendiri bisa puas banyak2in gulmernya ^^
  • Klepon ketan isi gulmer no kapur sirih.ini aja dah kenyall buatku,buat yang mau pake kapur sirih monggo yaa
  • Biasanya beli di deket rumah @1500 dapet 4 bola. sekarang bikin sendiri sampe kekenyangan,ini kalo pasukan dikit bikin separo resep aja yaa:)
Keyword Klepon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recipe Rating